Minggu, 08 November 2009

KESEHATAN : Terlalu Sering Main PS Bisa Merusak Kulit



Jakarta, Para gamer sejati sebaiknya mulai mewaspadai kesehatan kulitnya. Karena terlalu lama menekan tombol-tombol yang ada pada stick game tersebut bisa menyebabkan gangguan kulit yang ditandai dengan benjolan menyakitkan di telapak tangan.

Peneliti dari Swiss menyebut penyakit ini dengan nama 'PlayStation palmar hidradentitis' yaitu kelainan kulit yang dapat menyebabkan luka menyakitkan pada telapak tangan yang mirip dengan potongan kecil atau tambalan pada telapak kaki anak setelah melakukan aktivitas fisik yang berat.

"Orang yang sering menekan dan mencengkeram keras genggaman tangan dalam menekan tombol-tombol secara berulang-ulang dari sejak kecil hingga dewasa akan menimbulkan trauma pada permukaan kulit telapak tangan," ujar Vincent Piguet dari University Hospitals and Medical School of Geneva, seperti dikutip dari Foxnews, Jumat (6/11/2009). Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam British Journal of Dermatology.

Peneliti lain juga mengungkapkan bermain game secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan di masyarakat, yaitu memicu perilaku adiktif yang dapat menimbulkan berbagai masalah psikologis.

"Kami tidak akan meremehkan penelitian ini dan kami tertarik untuk mempelajari hasil penemuan ini. Tapi ini pertama kalinya kami mendengar keluhan seperti itu," ujar juru bicara dari Sony Corp yang membuat game PlayStation.

Selain itu, sudah ada bukti dari penelitian lain yang menunjukkan terlalu banyak bermain game bisa menyebabkan penyakit tendinitis akut yaitu terjadinya peradangan pada jaringan fibrosa kuat yang menghubungkan otot dengan tulang (tendon).

Penelitian ini seperti menggambarkan kasus seorang gadis berusia 12 tahun di Jenewa yang masuk rumah sakit dengan luka di tangannya, padahal beberapa minggu sebelumnya luka tersebut belum ada. Setelah diinterogasi, dokter menemukan bahwa beberapa hari sebelum muncul luka itu, gadis ini sering bermain PlayStation selama beberapa jam setiap harinya.

Peneliti menduga menekan tombol stick berulang-ulang menjadi penyebab luka tersebut dan diperparah dengan adanya keringat akibat permainan yang tegang. Akhirnya dokter merekomendasikan si gadis untuk berhenti bermain game hingga tangannya pulih sepenuhnya selama 10 hari.

"Jika Anda khawatir tentang rasa sakit pada tangan saat bermain game, mungkin sudah saatnya Anda memberikan istirahat pada tangan Anda. Jangan bermain secara berlebihan apalagi jika tangan Anda cenderung mudah berkeringat," ungkap Nina Goad dari Asosiasi Dermatologis Inggris. Vera Farah Bararah - detikHealth

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog