Selasa, 10 November 2009

NASIONAL: TDL Naik, Kadin Minta PLN Jamin Pasokan Listrik



JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah memastikan bakal menaikan tarif dasar listrik (TDL) pada tahun depan. Kalangan pelaku usaha pun meminta kenaikan tersebut dibarengi dengan terjaminnya pasokan. 

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia MS Hidayat mengaku sudah mengetahui rencana kenaikan TDL itu. "Yang penting pasokan terjamin," tutur Hidayat di Istana Negara, Senin (9/11). 

Selain jaminan kelancaran pasokan, Hidayat yang juga Menteri Perindustrian ini berharap, kenaikan tersebut tidak terlampau besar. Sebab, tahun depan adalah masa pemulihan bagi sektor industri setelah dua tahun mengalami imbas dari krisis keuangan global. 

Hidayat juga meminta PT PLN tidak lagi melakukan pemadaman bergilir, terutama di lokasi-lokasi industri. Sebab, pemadaman itu akan menimbulkan biaya tinggi dan merusak daya saing. "Kalau industri listriknya digilir mati dia," tutur Hiadyat. 

Sebelumnya, pemerintah memastikan akan menaikkan TDL pada tahun depan. Hanya saja, pemerintah masih menghitung berapa besar kenaikan TDL tersebut. Kini, Kementerian ESDM, Menko Perekonomian, dan PLN masih menghitung besaran kenaikan TDL tersebut. (Hans Henricus/Kontan)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog