Minggu, 08 November 2009

PROFILE: Adnan Buyung, Meksi Tua Tetap Berstamina



JAKARTA - Adnan Buyung Nasution. Pria berambut putih ini dikenal masyarakat lewat sikap dan pemikiran demokratis serta lantang menyuarakan keadilan hukum. Adnan kini dipercaya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengawal perjalanan Tim Independen Verifikasi Fakta dan Hukum atau Tim 8. 

Bersama rekannya, dia didaulat Yudhoyono untuk meneliti perkara dua pimpinan non aktif Komisi Pemberantasan Korupsi Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Tim 8 yang dibentuk 2 November lalu diberi waktu kerja dalam dua pekan. 

Adnan pun menjadi super sibuk. Selasa (3/11/2009), Tim 8 datang ke Mahkamah Konstitusi untuk memantau sidang gugatan uji materi UU KPK yang diajukan Bibit dan Chandra. Adnan juga terkejut, ketika rekaman rekayasa kasus Bibit dan Chandra diputar atas perintah majelis hakim konstitusi.

Keesokan harinya, Tim 8 mendengar keterangan Kapolri Jenderal (Pol) Bambang Hendarso Danuri beserta jajarannya. Kemudian Tim 8 bertemu dengan pimpinan KPK serta Bibit dan Chandra termasuk mendengar keterangan Anggodo Widjojo, orang yang disebut-sebut sebagai dalang skenario kriminalisasi KPK. Hari Jumat, (6/11/2009), tim 8 kembali melanjutkan pekerjaannya dengan  memeriksa Kabareskrim non aktif Komjen (Pol) Susno Duadji dan Jaksa Agung Hendarman Supandji.

Kemarin secara maraton, tim 8 bertemu dengan Ari Muladi, Antasari Azhar dan dilanjutkan dengan gelar perkara bersama Kepolisian dan Kejaksaan Agung. Pagi hingga malam hari, rutinitas mencari fakta terkait kasus Bibit dan Chandra terus dilakukan Tim 8. 

Anggota Tim 8 Anies Baswedan pun menyatakan kesalutannya terhadap performa Adnan Buyung. Menurut dia, Buyung memiliki integritas dan kapabilitas tinggi dalam melakukan tugasnya sebagai seorang pemimpin di Tim 8. 

"Saya salut dengan bang Buyung, stamina beliau patut diacungkan jempol," kata Anies kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (7/11/2009).

Menurut dia, meski sudah menginjak usia 75 tahun, Adnan Buyung tetap bersemangat saat memimpin tim dalam menyelesaikan tugas mengklarifikasi dugaan kriminalisasi Bibit dan Chandra. "Beliau tidak terlihat lelah, minum apa beliau," candanya kepada waratawan.  (dnt)

Ayo bang Buyung, kasih tahu donk rahasianya. 

Ajat M Fajar - Okezone

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog