Senin, 09 November 2009

NASIONAL: Pilkada Serentak 2010, Ratusan Daerah Memanas



VIVAnews - Tahun 2010 nanti, lebih dari 200-an daerah tingkat I dan tingkat II menggelar pemilihan kepala daerah. Di sejumlah provinsi, pilkada kabupaten dan kota bahkan digelar serentak.

Menurut peneliti senior Lembaga Survei Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, pilkada serentak ini digelar di beberapa provinsi seperti Sumatera Utara dan Sumatera Barat. LSI pun sudah kebanjiran order menggelar survei di beberapa daerah tersebut.

"Kami menerima order melakukan survei pemilihan gubernur di tujuh provinsi," kata Burhan dalam perbincangan dengan VIVAnews, Minggu 8 November 2009 malam. "Tujuh provinsi itu Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Selatan, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara."

Sementara untuk pilkada kabupaten dan kota, sudah 70 lebih order yang masuk ke LSI. "Beberapa di antaranya kami sudah melakukan survei," ujar Burhan. Namun Burhan menyatakan LSI tak bisa melansir hasilnya karena berkaitan dengan permintaan klien.

Order yang masuk ini, ujar Burhan, datang dari incumbent atau pun kandidat calon yang berminat. Mereka rata-rata ingin mengetahui kekuatan lawan dan potensi kekuatannya.

Bahkan juga ada sejumlah kliennya itu meminta bantuan tim sukses kepada LSI. "Kalau itu kami tak bisa, karena kami hanya mengurusi survei," ujar Burhan. LSI pun mengarahkan permintaan itu ke sejumlah lembaga yang khusus menangani konsultan pemenangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog