Rabu, 18 November 2009

JAKARTA: Polisi Buru Sihite yang Mengaku Nabi


VIVAnews - Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Priok tengah memburu Sakti Alexander Sihite,32, seorang pria yang mengaku sebagai utusan Tuhan. Polisi berencana klarifikasi soal pernyataannya sebagai rasul atau nabi pada blog pribadi.

Kanit Reskrim Polsek Tanjung Priok Ipda Mulyana mengatakan pihaknya akan memintai keterangan Sihite, warga yang diketahui menyewa kamar di Jalan Swasembada Timur XXIII No. 6 Tanjung Priok, Jakarta Utara.

”Kami juga akan memeriksa sejumlah saksi yang diperkirakan masih ada hubungannya dengan orang yang mengaku nabi itu,” kata Mulyana, Selasa 17 November 2009.

Kalau orang yang bersangkutan masih mengotot sebagai nabi, maka secara otomatis orang tersebut dapat dikenakan pasal 156 KUHP tentang peniscayaan agama. ”Sejauh ini kami hanya ingin memastikan kebenaran atas pernyataannya saja,” tambah Kanit.

Lebih lanjut, polisi juga khawatir perbuatan Sihite itu dapat meresahkan warga sekitar. Dari informasi yang dihimpun, pria asal Riau ini mengaku mendapatkan induksi energi pada 13 September 2007 di dalam tidurnya. ”Ada cahaya yang menyuarakan, ‘engkau adalah rasulullah’, kata Sihite seperti dikutip dari blog pribadinya. 

Setelah tiga minggu dari peristiwa tersebut dia pun mendeklarasikan dirinya sebagai utusan Tuhan melalui jejaring sosial. Sejauh ini, alumnus fakultas hukum Universitas Indonesia (UI) itu belum terbukti menyebarkan sebuah ajaran agama baru. Dia lebih banyak berdialog soal agama melalui blog miliknya itu.

Atas dasar tersebut pihak kepolisian melakukan pencegahan terhadap penyesatan yang dilakukan salah seorang warga. Sakti di lingkungannya sendiri tidak terlalu dikenal oleh warga sekitar. ”Saya tidak kenal sama dia,” ungkap Taufik, warga yang ditemui bersebelahan dari tempat tinggal Sihite.

Dari pengamatan di lokasi tempat tinggal pria itu tidak jauh berbeda dari kos di tempat lain. Sakti diketahui juga memiliki tempat tinggal di bilangan Klender, Jakarta Timur.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog