Jakarta (ANTARA News) - Merayakan hari ulang tahunnya yang ke-10 Jumat (6/11), jejaring komunitas Kaskus yang berdiri sejak 1999 memberikan kejutan luar biasa bagi para kaskuser dengan menghadirkan tiga layanan andalan baru.

Tiga hal baru itu yang akan menjadi kebanggaan baru Kaskus itu adalah Kaspay, Market Place, dan Mobile Kaskus.

Dijelaskan CEO Kaskus Networks, Ken Dean Lawadinata, tiga hal baru tersebut dihadirkan setelah melihat kebutuhan dan perkembangan masyarakat yang terbiasa menggunakan internet sudah sedemikian jauh.

''Ini juga untuk memberi kemudahan bagi kaskuser yang terbiasa menggunakan internet sebagai sarana apapun,''ucapnya seusai memberikan keterangan pers di Poste Resto, Mega Kuningan, Jumat petang.

Ken menerangkan, apa yang disebut Kaspay adalah jaringan untuk bertransaksi yang memberikan kemudahan bagi kaskuser dengan hanya sekali akses saja. 

Nantinya, Kaspay yang akan bisa diakses oleh umum mulai pekan depan itu, diharapkan bisa menjadi sarana bertransaksi sekelas ebay dan amazon yang saat ini menjadi situs penyedia jasa jual beli teratas di dunia. Tidak hanya itu, untuk hal terkecil, di Kaspay disediakan transaksi jual beli pulsa yang saat ini sangat dibutuhkan masyarakat.

Sementara mobile kaskus, menyediakan tiga layanan yang bisa diakses oleh pengguna Blackberry, iPhone dan ponsel berteknologi symbian dan java. Akses mobile tersebut direncanakan akan segera dinikmati publik mulai Desember mendatang.''Kita tidak ingin tergesa-gesa karena memang masih dalam proses pengembangan,''jelasnya.

Untuk fasilitas market place, Ken menyebutkan bahwa itu akan bisa diakses mulai akhir Januari 2010. Fasilitas ini dibuat untuk memberikan kenyamanan bertransaksi bagi kaskuser. 

Dengan market place, nantinya transaksi yang melibatkan pengiriman uang akan terjamin keamanannya. Artinya, kata dia, sebelum uang dan barang yang sedang ditransaksikan sampai ke masing-masing orang yang bertransaksi, maka Kaskus masih akan memantaunya.

''Akan tetapi kita tetap tidak mau ambil keuntungan dari ini semua. Ini murni untuk memberikan layanan terbaik bagi kaskuser yang sudah sangat loyal selama ini,''tutur Ken. Hingga saat ini, keloyalan itu terus ditunjukkan kaskuser dengan aktif berinteraksi melalui forum.
(*)