Sabtu, 07 November 2009

KESEHATAN: 3 Jenis Operasi Sedot Lemak yang Diminati



VIVAnews - Operasi untuk membentuk tubuh agar lebih indah saat ini semakin banyak dilakukan. Istilah populernya operasi sedot lemak atau dikenal juga dengan liposuction. Pada tubuh wanita terdapat area yang menyimpan cukup banyak lemak, seperti lutut, perut, dagu, dan pinggul.

Seseorang yang kelebihan berat badan atau obesitas, diet dan olahraga saja terkadang tidak mampu mengurangi lemak di area tersebut secara signifikan. Salah satu cara untuk mengikis lemak pada area tersebut adalah dengan jalan operasi sedot lemak. Ada tiga jenis operasi sedot lemak yang banyak dilakukan, antara lain :

- Liposuction standar
Operasi pengikisan lemak dilakukan dengan cara standar. Yaitu langsung menyayat lapisan kulit kurang lebih 0,5 cm di area tubuh yang terdapat banyak lemak, kemudian memasukkan pipa kecil yang disebut kanula. Kanula lalu dihubungkan dengan spuit atau mesin penyedot, untuk menyedot lemak keluar.

- Tumescent Liposuction
Tumescent liposuction ini membutuhkan beberapa prosedur sebelum melakukan operasi. Pasien akan diberikan suntikan pada area yang ingin dioperasi dan sudah ditandai dengan spidol. Sebelum melakukan operasi, pasien juga bisa melakukan konsultasi dengan psikolog. Saat operasi diberikan juga obat peredam depresi untuk mengatasi dan meminimalisir rasa trauma setelah operasi.

- Ultrasonik  Ultrasonic assisted liposuction (UAL)
Teknik ini adalah metode pengikisan lemak dengan menggunakan gelombang ultrasonik. Sebuah alat khusus dengan metode mekanik akan mentransmisi gelombang ultrasonik ke area tubuh yang terdapat banyak lemak keras. Gelombang yang dihasilkan dari alat tersebut bisa menghancurkan sel-sel lemak yang keras menjadi cairan kemudian akan disedot keluar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog