Jumat, 06 November 2009

KESEHATAN: Jangan Sepelekan Keringat Berlebih


VIVAnews - Anda merasa berkeringat lebih banyak dibandingkan orang lain? Jangan sepelekan, selain bisa memicu aroma tubuh tak sedap, keringat berlebih juga bisa menjadi tanda Anda mengidap hyperhidrosis (kelainan jaringan keringat yang disebabkan oleh stres, diet, atau konsumsi obat-obatan).

Meski banyak cara untuk mengatasi keringat berlebih, mulai dari yang alami hingga suntik botox, tapi tak semua terapi bisa cocok untuk Anda. Karena itu. selain mencari pemicu munculnya keringat berlebih di tubuh Anda, sebagai langkah awal mengatasi masalah ini, simak solusi mudah di bawah ini.

1. Perbanyak minum air putih. Tujuannya, meskipun tubuh bekeringat banyak, tapi aromanya tidak tajam, sehingga tidak mengganggu orang di sekitar Anda.

2. Kenakan pakaian berbahan katun, sehingga keringat yang keluar cepat terserap. Hindari busana yang berbahan sutera atau sintesis.

3. Jaga kebersihan tubuh, dengan mandi lebih dari 1 kali sehari dengan air dingin dan mengenakan pakaian dalam yang bersih agar organ intim tidak lembab.

4. Kurangi makanan pedas, bawang putih, ikan laut, bahkan daging merah. Makanan ini bisa memicu aroma tak sedap dari keringat Anda.

5. Jika keringat tak juga berkurang,  cobalah mengganti merk deodoran Anda. Sebab, bisa saja ada kandungan deodoran lama yang tidak cocok dengan kulit Anda.

6. Olahraga secara teratur. Olahraga bisa mengurangi stres. Stres berkurang berarti keringat juga berkurang.

7. Kurangi kopi. Minuman ini bisa menstimulasi sistem pembuluh darah yang bisa memicu produksi keringat. Ganti kopi dengan protein nabati seperti, tahu, tempe, dan produk makanan dari kedelai.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog