Selasa, 20 Oktober 2009

LIFESTYLE: 8 Pelindung Kulit dari Sengatan Matahari


VIVAnews - Apakah Anda termasuk orang yang mengeluhkan panasnya sengatan matahari belakangan ini? Jika iya, Anda tidak sendirian. Beberapa minggu ini, panasnya matahari memang sangat 'menyengat' kulit.

Bagi yang bekerja di lapangan, atau kebetulan sedang ke luar kantor, mungkin Anda tak bisa menghindari paparan matahari. Lindungi kulit Anda dengan solusi di bawah ini:

1.Gunakan tabir surya
Para dokter menyarankan jika Anda banyak keluar rumah sebaiknya gunakan tabir surya atau pelindung kulit yang mengandung minimal SPF 30. Terutama pada saat matahari memancarkan sinar yang tak menyehatkan (pada pukul 10.00 - 16.00).  Tak ada salahnya, membawa saja pelindung kulit kemanapun Anda pergi. Anda pun dapat menggunakannya kapan dan di mana saja.

2. Pilih busana berwarna putih
Dalam keadaan matahari terik menggunakan baju dan celana yang menutup kulit memang tidak terlalu nyaman. Pilihlah bahan katun dan menyerap keringat agar kulit Anda tetap merasa nyaman. Kenakan baju berwarna putih karena dapat memantulkan panas.

3. Perbanyak minum air.
Idealnya, agar tubuh tidak mengalami dehidrasi, minumlah banyak air putih setidaknya setengah jam sebelum tubuh terkena paparan panas matahari.

4. Jangan langsung terpapar panas matahari setelah keluar dari ruangan ber-AC.
Dengan begitu suhu panas tubuh tidak berubah secara mendadak. Cobalah mengadaptasi suhu tubuh dengan menunggu beberapa saat di tempat teduh tanpa AC sebelum ke luar ruangan.

5. Kenakan pelindung tambahan.
Meskipun Anda sudah menggunakan SPF, jika kedaaan sinar matahari sedang terik usahakan untuk menggunakan pelindung tambahan. Gunakkan payung, kacamata hitam atau topi jika Anda sedang ke luar ruangan.

6. Pakai pelembab bibir tepat
Hat-hati dalam memilih pelembab bibir terutama yang memberi kesan glossy. Karena, menurut penelitian Baylor University Medical Center di Dallas, Amerika Serikat  pelembab bibir glossy biasanya tidak mengandung SPF (sun protection formula). Hal itu bisa meningkatkan resiko terserapnya sinar matahari yang bisa menimbulkan kerusakan pada kulit.

7.Lindungi kulit kepala
Semua tipe kanker kulit bisa tumbuh melalui ketombe di kulit kepala. Sel kanker kulit bisa sangat agresif di ketombe, karena suplai darah di kepala sangat tinggi. Jadi, selalu lindungi kulit kepala Anda saat keluar ruangan terutama siang hari. Anda bisa menggunakan topi atau payung.

8. Hidari pemakaian obat jerawat di siang hari atau pil KB
Karena dapat mengingkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar matahari.
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog