Senin, 19 Oktober 2009

NEWS: Presiden Dilantik, Lalu Lintas Dialihkan


JAKARTA, KOMPAS.com - Pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2009-2014 yang akan diselenggarakan di Gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (20/10), diperkirakan akan membuat arus lalu lintas di Jakarta menjadi terganggu.
Itu sebabnya, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Condro Kirono, Minggu (18/10), menjelaskan, sebagian arus lalu lintas yang melintasi kawasan sekitar Gedung MPR/DPR akan dialihkan sejak Selasa pagi hingga menjelang sore hari.
”Demi menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas saat acara pelantikan presiden dan wakil presiden RI, maka dilakukan pengaturan dan pengalihan arus lalu lintas,” kata Komisaris Besar Condro Kirono.
Arus lalu lintas yang dialihkan adalah yang melintas di Jalan Gatot Subroto ruas Semanggi-Slipi, Jalan Gerbang Pemuda ruas Lapangan Tembak-Jembatan Layang Senayan, Jalan Gelora Senayan ruas Lapangan Tembak-Pospol Palmerah, dan di samping Manggala Wanabhakti.
Lebih detail terkait pengalihan arus lalu lintas ini, Traffic Management Center Polda Metro Jaya dalam situs resminya menyatakan, pengaturan lalu lintas di sekitar kawasan Gedung DPR adalah: arus lalu lintas dari arah Cawang, Blok M, Monas/Bundaran HI menuju Slipi-Tomang-Grogol/Kalideres (yang selama ini melalui arteri Jalan Gatot Subroto di depan Gedung DPR) akan dialihkan melewati depan Hotel Sultan. Semua kendaraan masuk gerbang Tol Senayan dan keluar melalui pintu Slipi Jaya.
Adapun angkutan umum dan kendaraan pribadi dari Lebak Bulus/Ciledug yang melintas di depan Kampus Universitas Moestopo, Jalan Hanglekir-Jalan Asia Afrika yang menuju Slipi-Tomang-Grogol/Kalideres dialihkan melalui pertigaan Kodim lama Jaksel. Dari Kodim lama kemudian diarahkan melalui Jalan Pakubuwono-Jalan Sisingamangaraja-Jalan Jenderal Sudirman-Benhil belok kiri-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Pospol Pejompongan-depan Manggala Wanabhakti-Slipi.
”Arus lalu lintas dari Pintu IX Senayan Jalan Asia Afrika/lampu lalu lintas Lapangan Tembak dialihkan melalui Jalan Pintu I Senayan dan Jalan Jenderal Sudirman,” kata Condro.
Kemudian, arus lalu lintas dari arah Slipi khusus bagi angkutan umum dan sepeda motor yang selama ini lewat jembatan layang Farmasi ke arah Jalan Gerbang Pemuda dialihkan melalui Semanggi, turun ke Bundaran Senayan.
Khusus bagi pengendara sepeda motor yang datang dari Cawang/Pancoran/Kuningan menuju Slipi-Tomang-Grogol dialihkan ke Semanggi, turun melalui jalur lambat Jalan Jenderal Sudirman depan GKBI-Bendungan Hilir belok kiri-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Depan Manggala Wanabhakti-Slipi.
Bagi pengendara sepeda motor yang datang dari arah Ciledug/Kebayoran Lama yang akan menuju Slipi-Tomang/Grogol dialihkan melalui terowongan depan Hotel Sultan dan tidak diperkenankan melalui Jalan Gatot Subroto, tetapi dialihkan melalui Jalan Jenderal Sudirman-jalur lambat depan GKBI-Benhil belok kiri-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-depan Manggala Wanabhakti-Slipi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog