Kamis, 05 November 2009

NASIONAL: Hipnotis, Apa Manfaatnya?



MANADO, KOMPAS.com - Minat masyarakat untuk mempelajari hypnosis atau hipnotis (seni komunikasi untuk memengaruhi seseorang) belakangan ini semakin meningkat.
    
"Makin banyak orang yang mengikuti pelatihan ilmu tersebut," kata Managing Director Outcome dan Outstanding, Ongky Hojanto C Nlp Pr, di Manado, Sulawesi Utara, Rabu.
    
Ongky mengatakan, semakin tingginya minat orang menguasai hypnosis sehubungan masyarakat membutuhkan solusi atas masalah yang mereka hadapi. "Solusi itu sebenarnya telah diberikan oleh Tuhan dalam diri kita. Karena itu tugas kita sebenarnya adalah menemukannya dalam diri kita sendiri," katanya.
    
Ongky mengatakan, hypnosis merupakan seni berkomunikasi untuk memengaruhi seseorang dengan mengubah tingkat kesadarannya, yang dicapai dengan menurunkan gelombang otak. "Setiap orang, setiap harinya terkena hypnosis atau hipnotis, bisa lewat televisi, koran, orangtua, bos atau teman. Seorang suami yang diminta untuk menjemput istri di pasar dan suami tersebut mau, menunjukkan bahwa si suami tersebut telah terkena hipnotis," katanya.
    
Dia mengatakan, hypnosis perlu dikuasai karena manusia tidak bisa hidup tanpa komunikasi, dan hipnotis bisa membantu efektifitas dan kualitas dari komunikasi kepada orang lain dan diri sendiri. "Perception is protection. Saat anda memiliki persepsi yang keliru tentang sesuatu, maka anda akan berespon dengan keliru kepada sesuatu tersebut," katanya.
    
Menurut dia, hipnotis tidak menggunakan mantra dan tidak semudah yang terlihat di TV saat pelakunya "ngerjain" orang. "Orang di Manado belum banyak mengenal hipnotis, tetapi selalu terkena dan menggunakan hipnotis tanpa mereka sadari," ujar hypnotherapist yang membuka tempat pelatihan di Bahu, Manado tersebut.
    
Masyarakat yang memelajari hipnotis berasal dari kalangan umum dan profesional bisa pegawai, dosen maupun dokter. Makin tingginya minat masyarakat memelajari hypnosis juga dibenarkan oleh "success navigator" dan "mind reprogrammer" yang membuka tempat pelatihan di Surabaya, Bobby Febrianto.
    
Pria yang memperoleh sertifikat NLP "master practitioner" dan "certified hypnotherapist" ini optimistis ilmu hypnosis akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas hidup. Dengan memelajari hypnosis seseorang bisa mengetahui cara kerja pikiran, mengubah trauma dan phobia, mengubah kebiasan buruk dan melakukan diet dengan hypnosis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog