Senin, 02 November 2009

KESEHATAN: Bila Anak Hiperaktif, Apa yang Harus Lakukan


VIVAnews - Menghadapi anak hiperaktif saat sedang emosi memang lebih sulit dibandingkan dengan anak normal. Tetapi bukan berarti anak hiperaktif tidak bisa ditenangkan.

Hiperaktif dalam istilah kedokteran disebut attention-deficit hiperactivity disorder (ADHD). Untuk menghadapi anak yang mengalami kondisi ini, membutuhkan ketelatenan dan kesabaran tinggi. Sikapnya bisa sangat di luar kendali, dan ia juga bisa menyakiti diri sendiri.

Ada beberapa acara yang bisa dilakukan untuk menenangkan anak hiperaktif, di antaranya:

- Persiapkan diri Anda, karena anak hiperaktif memiliki tenaga yang cukup kuat. Lalu, lindungi tubuh dan kepala anak agar tidak terbentur atau terluka. Peluklah dia dengan kuat, karena saat emosi anak hiperaktif seringkali membenturkan atau membanting diri hingga terluka.

- Setelah Anda memeluk, tatap matanya dan usap punggung si anak dengan lembut. Ajak dia menarik nafas perlahan. Hal itu untuk membuat nafasnya bisa lebih lancar, karena saat emosi mereka kesulitan bernafas. Contohkan padanya bagaimana menarik dan membuang nafas secara perlahan. Cara tersebut bisa sedikit menenangkannya.

- Jika anak sudah sedikit tenang dan tidak menangis, berikan minuman hangat. Hindari memberikan minuman yang manis karena bisa membuatnya kembali aktif. Jangan memberikan minum saat anak masih menangis karena bisa tersedak dan membahayakannya.

- Saat si anak sudah agak tenang dan tidak berkeringat, mandikanlah dengan air hangat. Mengajak berendam di air hangat yang penuh dengan busa-busa cukup efektif menurunkan emosinya. Bawa juga mainan favoritnya ke kamar mandi agar ia bisa terhibur.

- Setelah mandi berikan ia pijatan dengan menggunakan minyak yang beraroma menenangkan. Usapkan minyak kayu putih atau minyak telon. Sambil memijat putarkanlah lagu favoritnya. Dengan begitu si anak bisa menjadi lebih tenang dan rileks. (Ehow)a

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog