Senin, 02 November 2009

KESEHATAN: Tak Suka Minum Air Putih, Sehatkah?


Tanya:
Karena tidak suka rasanya, saya (27) sangat jarang minum air putih. Kalau dihitung-hitung, mungkin saya hanya minum segelas air putih per minggu. Jadi, kalau memang ada pilihan minuman lain, seperti teh, kopi, jus buah, dan lainnya, saya pasti memilih minuman-minuman tersebut.
Apalagi, saya juga hobi mengonsumsi minuman kemasan, seperti teh atau jus kemasan, dan juga softdrink. Apakah kebiasaan ini bisa memperburuk kesehatan saya, dok?

fxx@yahoo.com

Jawab:

Tampaknya, Anda mesti berhati-hati terhadap kebiasaan jarang minum air putih ini. Pasalnya, bila asupan cairan ke dalam tubuh sampai kurang, akibatnya kesehatan tubuh bisa terganggu. Karena itu, banyak minum air putih dapat memperlancar fungsi organ-organ tubuh. Antara lain, air putih adalah komponen terpenting untuk proses detoksifikasi yang berlangsung di hati.
Airlah yang membantu memusnahkan zat yang tak dibutuhkan tubuh. Selain itu, air juga sangat penting untuk proses pembilasan zat sisa di usus. Kekurangan cairan bisa mengakibatkan sembelit.

Jadi, takutnya lama-kelamaan, kebiasaan ini dapat merugikan kesehatan Anda. Apalagi, Anda juga sangat suka mengonsumsi minuman dalam kemasan. Karena kandungan gula dalam minuman tersebut cukup tinggi, kondisi ini juga bisa memicu munculnya penyakit-penyakit lainnya.

Karena itu, mulailah mengurangi konsumsi minuman kemasan. Cobalah untuk menyukai air putih. Setidaknya, mulailah dengan minum segelas air putih sehari. Jika bisa, ada baiknya jumlah air putih yang masuk ke tubuh ditambah setiap harinya. Di samping itu, agar cairan tubuh bisa terpenuhi, jus buah bisa jadi pilihan.
Tapi, agar nutrisi yang didapat optimal, sebaiknya jus buah alami tanpa tambahan gula. Atau, Anda juga bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan, seperti apel, pir, atau jeruk.
Konsultan: Rury Indah (ahli gizi)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog