Minggu, 01 November 2009

Agar Kulkas Awet dan Tetap Dingin



SULIT rasanya kalau kita enggak punya barang yang satu ini. Fungsinya yang sangat membantu kaum ibu untuk urusan masak memasak, menjadikan alat ini wajib ada di setiap dapur. Selain mengawetkan agar tidak cepat membusuk, alat ini juga sering berfungsi untuk menyegarkan. Ya, alat pendingin yang kerap disebut kulkas ini keberadaannya memang sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan. Bukan hanya kalangan atas, kulkas juga dibutuhkan dan digunakan oleh kalangan menengah ke bawah. Karena minimnya pengetahuan tentang kulkas dan bagian-bagiannya, tak banyak yang mengetahui bagaimana cara yang tepat agar kulkas tetap dingin dan segar dalam menjaga makanan.

Alhasil, banyak sekali ditemukan kulkas yang hanya bisa tahan pakai selama 1 hingga 3 tahun. Padahal, bila Anda rajin dan tahu caranya merawat, bukan tidak mungkin kulkas akan tetap prima menjalankan tugasnya hingga 2 tahun lebih lama. Lalu, bagaimana caranya supaya kulkas Anda tidak mudah rusak? Perhatikan tip berikut ini:

Rajin Membersihkan

Ini sudah tentu wajib Anda lakukan. Berbeda dengan perabotan dapur Anda yang lain, pada alat yang satu ini Anda wajib menilik tiga bagian pokok yang harus dibersihkan. Antara lain bagian dinding dalam kulkas. Sudah tentu Anda tak mau bila kulkas mengeluarkan bau tidak sedap hanya karena tidak Anda bersihkan dinding bagian dalamnya bukan?

Untuk bagian ini, Anda minimal disarankan sekali dalam sebulan. Bagian selanjutnya yang mesti Anda perhatikan pula adalah bagian belakang. Di mana pada bagian tersebut terdapat kompresor. Putaran kipasnya tak jarang mengundang kawanan debu untuk mendekat. Kemudian, bersihkan debu dari bagian belakang. Jangan lupa, cabut terlebih dahulu saluran listrik sebelum membersihkan. Dan hati-hati bila Anda membersihkannya dengan air atau cairan. Sebaiknya gunakan kain basah agar air atau cairan tidak masuk pada kompresor. Kemudian bagian yang tak kalah penting adalah bagian luar. Gunakan spon atau kain halus untuk membersihkannya karena bagian luar sangat sensitif terhadap goresan.

Hilangkan Bunga Es

Tidak mungkin kalau terjadi bunga es dalam kulkas. Suhu yang dingin akan membuat udara yang menempel pada dinding kulkas menjadi membeku. Untuk menghilangkan bunga es, sangat tidak diperbolehkan menggunakan benda tajam. Mungkin maksud Anda agar bunga es hilang tanpa harus mematikan listrik, tapi ini bukan cara yang tepat dan hanya akan merusak bila benda tajam tersebut mengenai dinding. Nah, untuk menghilangnkan bunga es Anda cukup mematikan aliran listrik atau menekan tombol nol agar bunga es mencair. 

Atur Suhu dengan Benar

Langkah perawatan selanjutnya yaitu mengatur suhu sesuai dengan kebutuhan. Mungkin selama ini Anda seenaknya saja mengatur suhu sesuai dengan pilihan. Tapi tahukah Anda, pengaturan yang tidak tepat akan membuat kerja kulkas menjadi tidak optimal dan boros listrik. Adapun suhu yang bisa Anda sesuaikan yaitu medium untuk freezer dan minimum atau maksimum untuk refrigerator. Tak perlu heran dengan pengaturan yang demikian, karena bila suhu pada freezer diatur maksimum, maka suhu pengaturan ada refrigator akan turun. Sehingga suhu yang dibutuhkan untuk mendinginkan benda tertentu tidak tercapai. Pasti Anda juga tidak mau bukan kalau sayur Anda menjadi basi karena suhu refrigerator tidak dingin?

Tunggu hingga 20-30 Menit

Setelah dibersihkan jangan langsung Anda msukkan semua barang-barang kebutuhan dapur ke dalamnya. Tunggu kurang lebih 20-30 menit. Ini bertujuan agar suhu di dalam kuklkas stabil. Setelah itu barulah Anda bisa memasukkan barang-barang. Bila ada yang suhunya tinggi, diamkan terlebih dulu hingga suhunya sama dengan suhu ruangan (kurang lebih 25 sampai 27 derajat Celsius). Bila Anda memaksa, maka Anda sama saja memaksakan kompresor bekerja lebih keras. 

Letak kulkas yang Tepat

Agar kulkas menjadi tahan lama dan mampu mendinginkan dengan sempurna, letak posisi kulkas juga cukup menentukan. Untuk hal ini, sebaiknya kulkas jangan Anda letakkan pada daerah yang dekat kompor. Selain itu juga, jangan terlalu di mepetkan dengan kitchenset. Beri jarak minimal 10 cm agar sirkulasi udara tetap terjaga kestabilannya.
(Genie/Genie/tty)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts with Thumbnails
Bookmark and Share

Arsip Blog